Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Balaikota Cirebon


Balaikota cirebon adalah gedung pusat Pemerintahan Kota Cirebon . Gedung ini adalah bangunan peninggalan masa kolonia , gedung ini terletak di Jl.Siliwangi No.84, Kampung Tanda Barat, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan . Di sekitar gedung terdapat perkantoran dan pemukiman penduduk . Di sebelah Utara terdapat rumah Dinas Kepala PT.KAI DAOPS III Cirebon.

Gedung ini dibangun sekitar tahun 1924, yang diprakarsai oleh jeskoot, Kepala Dinas Pekerja Umum Stadsgemeente Cheribon , sedangkan perancangnya dikerjakan oleh  dua orang arsitek bernama H.P Handi dan C.F.H Koll . Bangunannya berbentuk anjungan kapal yang puncaknya di hiasi dengan empat ekor udang . Binatang air yang lazim digunakan untuk julukan kota ini

Gedung ini berdiri pada lahan seluas 15.770 m2 , bertembok putih dan berteksture halus, dibangun menghadap ketimur dari bahan utama bata merah , batu , kapur , kayu jati, tegel dan marmer .

Balaikota cirebon sering  di kunjungi oleh warga cirebon dari yang anak kecil hingga orang tua . Biasanya banyak anak remaja yang sering nongkrong  di depan Balaikota cirebon pada pagi ,siang , sore maupun malam hari .Di sore hari banyak anak remaja yang sering berlatih sepedah dan skateboard di sekitar  trotoar Balaikota Cirebon . Pada malam haripun banyak anak" remaja yang nongkrong di depan Balaikota cirebon ini .


Jika malam minggu tiba , banyak anggota klub motor berbondong-bondong datang berkumpul di depan area Balaikota Cirebon , Di setiap Sudut trotoar akan di hiasi oleh motor-motor , Biasanya para remaja ini menghabiskan waktunya hingga jam 11-12 malam . Di minggu pagi pun di sekitar area Balaikota cirebon banyak warga cirebon datang kemari untuk berolahraga , Karena di sekitar jln.Siliangi pada hari minggu jam 06.00 - 08.00 pagi di adakan Car Free Day , Saat itu jalanan di perboden . Untuk kegiatan warga Cirebon yang ingin berolah raga di minggu pagi , basanya banyak acara" yang di adakan .

Di Balaikota cirebon pun sering di jadikan tempat acara , erbagaimacam acara di lakukan d sekitar area Balaikota Cirebon Seperti Cirebon Expo, Jalan Sehat dan Festival  lainnya . Tempat ini juga menjadi favorit sebagai lokasi foto , banyak warga cirebon maupun warga asing yang berfoto di depan gedung Balaikota Cirebon

0 komentar:

Post a Comment